Mengapa Kapasitor dan Induktor jika diberi tegangan DC menjadi open dan short sirkuit?

Jawaban pertanyaan dosen mata kuliah Rangkaian Elektrik


Pertanyaan.

mengapa kapasitor dan induktor jika diberi tegangan DC menjadi open dan short circuit? bagaimana jika kapasitor dan induktor diberi tegangan AC? apa bedanya?


💡 Jawaban Terbaik.
kapasitor jika diberi tegangan dc menjadi open circuit karena konstruksi kapasitor merupakan 2 pelat yang terpisah dan sifat dari tegangan dc adalah konstan sehingga tidak menghasilkan ggl induksi pada 2 pelat tersebut.

induktor jika diberi tegangan dc menjadi short circuit karena konstruksi induktor merupakan sebuah gulungan kawat dan sifat tegangan dc adalah konstan sehingga tidak mengghasilkan ggl induksi pada gulungan kawat tersebut.

jika kapasitor dan induktor diberikan tegangan AC, kedua komponen tersebut akan bekerja sebagaimana fungsinya, karena tegangan AC selalu berubah-ubah yang menyebabkan ggl induksi. Pada kapasitor, jika salah satu pelat diberi tegangan AC, pelat yang lainnya akan mendapatkan induksi dari pelat tersebut. Pada induktor, ggl induksi dihasilkan pada gulungan kawat yang saling berdekatan.

Jika kapasitor diberi tegangan AC, arus listrik yang dihasilkan merupakan hasil perubahan tegangan pada kapasitor tersebut (tegangan mendahului arus) dan energi listrik akan tersimpan dalam bentuk medan listrik. Jika Induktor diberi tegangan AC, tegangan listrik yang dihasilkan merupakan hasil perubahan arus listrik pada induktor tersebut (arus mendahului tegangan) dan energi listrik akan tersimpan dalam bentuk medan magnet.

Semoga membantu..

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Pendahuluan (L1) Fisika Dasar

Membuat Alarm Kebakaran menggunakan Sensor Api dan Sensor Asap dengan Arduino